3 Jenis Ayam Ras Produktif Yang Cocok Untuk Diternak
Home Artikel 3 Jenis Ayam Ras Produktif Yang Cocok Untuk Diternak
Artikel - Mei 22, 2019

3 Jenis Ayam Ras Produktif Yang Cocok Untuk Diternak

3 Jenis Ayam Ras Produktif Yang Cocok Untuk Diternak – Ayam ras merupakan hasl dari perkawinan silang antara ayam yang mempunyai tingkat produktivitas yang tinggi. Kebanyakan ayam ras berkualitas di indonesia pada awalnya didatangkan dari luar negeri. Dibandingkan dengan ayam jenis lainnya bila dari segi kualitas dan telurnya lebih baik serta relatif lebih cepat masa pertumbuhannya.

Beberapa ciri khas dari ayam ras salah satunya adalah mempunyai badan besar, perkembangan yang relatif singkat, dan tingkat produksi daging serta telur yang baik. Dengan begitu ayam ras jadi pilihan nomer satu beberapa peternak yang berusaha tingkatkan hasil ternak, baik itu ras ayam pedanging ataupun ayam petelur. Nah atas dasar inilah kita sangat berminat untuk mengulas tentang jenis ayam ras yang sering dibudidayakan atau diternak.

3 Jenis Ayam Ras Produktif

3 Jenis Ayam Ras Produktif Yang Cocok Untuk Diternak

Pada biasanya terdapat tiga jenis ayam ras yang sangat cocok dan banyak dibudidayakan, yakni jenis-jenis pedaging ( broiler ), petelur ( layer ) dan jenis dwiguna ( pedaging dan petelur ).

•Jenis Ayam Ras Pedaging ( Broiler )

Seperti yang kita ketahui jika di Indonesia sendiri, ayam ras yang tingkat produktivitas dagingnya tinggi ialah ayam broiler. Keunikan ayam broiler ialah rasanya yang enak serta pengolahanya gampang tapi gampang hancur dalam proses perebusan yang lama. Dengan waktu pemeliharaan yang relative singkat serta menguntungkan, jadi banyak peternak baru dan peternak musiman yang banyak muncul di seluruh indonesia. Ayam broiler ini biasanya sudah bisa dipanen 5 hingga 7 minggu sudah bisa dipanen. Ayam broiler seperti: plymouth rock dan Sussex.

•Jenis Ayam Petelur ( Layer )

Ayam petelur atau yang biasa disebut juga dengan ayam layer ialah ras ayam yang mempunyai kelebihan dalam memproduktivitas telurnya. Yang sangat membedakan ayam layer dan juga broiler adalah, daging ayam petelur juga bisa digunakan. Dengan begitu ayam petelur dapat disebut mempunyai dua fungsi ( dwiguna ), yakni menjadi penghasil telur dan penghasil daging. Ayam layer seperti: Ancona, Leghorn, dan Lohmann.

•Ayam Dwiguna ( Petelur Dan Daging )

Ayam dwiguna ialah jenis ayam ras yang diternak untuk daging serta telurnya. Ada banyak jenis ayam dwiguna yang di kembangkan oleh peternak. Walau di indonesia masih jarang peternak yang membudidayakan ayam dwiguna, tetapi di Negara di wilayah eropa, ayam dwiguna telah jadikan menjadi pilihan budidaya. Jadi dengan begitu ayam dwiguna ini termasuk juga kelompok pertengahan dari ayam pedaging serta petelur. Ayam dwiguna seperti: Australorp, Rhode Island Red serta juga New Hampshire chicken.

Nah itulah tiga jenis ayam ras produktif yang sangat sering kita temui dalam perternakan ayam di wilayah indonesia. Peluang dari bisnis ayam ini mempunyai prospek yang tinggi untuk masa yang akan datang. Terima kasih sudah membaca artikel kami, semoga dapat memberikan anda informasi yang berguna untuk anda yang ingin memulai bisnis ternak ayam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Ayam Leghorn Dalam Dunia Sabung Ayam

Ayam Leghorn Dalam Dunia Sabung Ayam – Tradisi permainan sabung ayam memang sangatla…