Ayam Aduan Turun Urat ? Ini Langkah Ampuhnya
Home Artikel Ayam Aduan Turun Urat ? Ini Langkah Ampuhnya
Artikel - April 16, 2019

Ayam Aduan Turun Urat ? Ini Langkah Ampuhnya

Penyakit turun urat merupakan salah satu penyakit yang cukup serius serta dapat menganggu pergerakan dari ayam aduan anda. Penyakit ini harus mendapatkan penanganan cepat dikarenakan jika terlambat maka kedua kaki ayam akan lumpuh. Biasanya penyakit turun urat tersebut disebabkan oleh 2 faktor seperti berikut ini.

Hal yang pertama adalah penyakit turun urat yang disebabkan oleh ayam digebrak pada usia yang terlalu muda. Kedua, dikarenakan adanya benturan yang keras pada ayam aduan tersebut. Nah pada artikel kami yang ini, kami akan membahas penyebab, ciri, dan cara mengobati penyakit turun urat pada ayam aduan anda.

Penyebab Ayam Aduan Turun Urat

Seperti yang sudah kami jelaskan diawal, ayam turun urat biasanya bisa terjadi dikarenakan kemungkinan besar ayam digebrak diusia muda atau karena ayam aduan yang masih muda sudah digebrak oleh ayam yang lebih tua. Perlu anda ketahui, bahwa umur ayam yang masih muda struktur tulangnya serta ototnya masih belum sempurna berkembang. Sehingga dapat menggangu struktur organ gerak dari ayam tersebut. Namun dalam mengobati ayam yang turun urat dari gebrakan ayam yang lebih tua akan lebih mudah untuk ditangani daripada ayam yang turun urat dari sebuah benturan.

Selain digebrak diumur diumur yang sangat muda, ayam juga dapat mengalami turun urat dari bentrokan. Penyebab ayam turun urat karna benturan ini sering tidak dikenali. Bukan hanya ayam muda, penyakit turun urat karna benturan juga dapat berlangsung pada ayam yang umurnya sudah cukup setelah ia bertanding. Umumnya turun urat berlangsung karena benturan yang demikian keras. Benturan ini dapat karena oleh kesalahan memukul ataupun karena diserang pukulan waktu ayam berlaga atau digebrak.

Ayam Aduan Turun Urat ? Ini Langkah Ampuhnya

Ciri – Ciri Ayam Yang Terkena Turun Urat

Ciri ayam yang mengalami turun urat ada dua. Pertama, kaki ayam yang diserang turun urat akan terasa lebih panas setelah digebrak (dapat di ketahui dengan meraba kakinya), ayam akan seringkali menaikan satu kakinya, dan sewaktu jalan ia terlihat pincang dan tidak mau bertumpu di kaki yang diserang turun urat.

Pengobatan Turun Urat Pada Ayam Aduan

Untuk mengobati ayam yang mengalami turun urat, beberapa perawatan ini bisa anda lakukan. Akan tetapi langkah mengobati ayam turun urat yang sudah terbukti sukses dengan perawatan yang berkaitan. Berarti perawatan ini ditempuh secara teratur menggunakan obat mengalami untuk obat luar & obat warung menjadi obat dalam. Lebih jelasnya, langkah tepat mengobati ayam turun urat yakni sebagai berikut :

Kaki ayam yang mengalami turun urat diperban/dibungkus dengan kain kasa. Dalam kain itu ditempelkan tumbukan daun serai cocok di kaki ayam yang alami turun urat. Daun serai ialah obat alami untuk ayam turun urat yang sudah terbukti ampuh.

kaki ayam aduan yang mengalami penyakit turun urat harus dibalut seperti orang yang patah tulang, akan tetapi usahakan supaya kaki ayam tetaplah bisa menginjak tanah. Balutan itu sebaiknya selalu diganti setiap hari. Dan waktu akan ubah daun serai, sebaiknya kaki ayam direndam dengan air es selama beberapa menit, lalu dibungkus lagi seperti pada awalnya.

Tidak hanya cukup dengan pengobatan alami tersebut, sebaiknya pengobatan dari dalam juga ditangani agar percepat skema penyembuhan. Pengobatan dari dalam sangat diperlukan juga dengan menggunakan obat rematik/semacamnya sama sesuai dosis melalui minumannya selama 4 hari berturut – turut. Obat rematik yang bisa diberikan bisa berupa obat rematik yang digunakan untuk manusia, misalnya Penstrip 405 dan Rifampicin.

Itulah langkah yang ampuh dalam menghadapi ayam aduan yang mengalami turun urat, terima kasih. Semoga dapat membantu anda dalam mengobati turun urat pada ayam aduan kesayangan anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Ciri-ciri Telur Ayam Bangkok Menurut Pengalaman Sendiri

Ciri-ciri Telur Ayam Bangkok Menurut Pengalaman Sendiri – Untuk seorang penggemar ma…