Mengenal Ayam Hias Kate Yang Mungil
Home Artikel Mengenal Ayam Hias Kate Yang Mungil
Artikel - 2 minggu ago

Mengenal Ayam Hias Kate Yang Mungil

Mengenal Ayam Hias Kate Yang Mungil – Ayam kate adalah salah satu jenis ayam yang mempunyai postur tubuh mini. Jenis ayam hias yang satu ini memang berpostur badan lebih kecil daripada ayam hias yang lainnya. Ayam kate dikenal juga sebagai salah satu ayam lokal indonesia yang pertama kalinya ditemukan di pulau jawa. Tubuh kecil serta mungil ini menjadi salah satu hal yang ciri khas dari ayam jenis ini.

Unggas hias satu ini pertama kali ditemukan oleh pedagang eropa pada tahun 1700-an di pulau jawa, tepatnya di provinsi bantam. Ayam ini mempunyai bentuk tubuh yang mini dan kaki yang pendek juga. Berat rata – rata ayam ini biasanya 2 hingga 4 kg dan ada juga ayam kate yang tidak mempunyai berat lebih dari 2kg. Walaupun ayam kate mempunyai tubuh yang kecil tapi ayam ini memiliki suara yang keras.

Ciri Khas Ayam Kate

Mempunyai warna bulu yang bermacam – macam.
Badan terbilang gemuk dan kaki yang kecil, walaupun ada yang berkaki panjang.
Mempunyai tipe yang berbeda disetiap daerah.
Mempunyai berat kurang lebih 2 – 4 kg.
Panjang bulu sayap yang menyentuh tanah.

Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Memelihara Ayam Kate

Kandang Ayam Kate

Sama dengan perawatan pada ayam hias lainnya, kandang mempunyai peran yang amat penting sebagai rumah bagi ayam kate. Sehingga, kandang ayam sebaiknya dibuat dengan kokoh dan aman dari serangan hewan yang lebih besar seperti anjing ataupun kucing. Untuk hal kebersihan kandang, sebaiknya kadang di bersihkan dari kotoran atau sisa pakan ayam setiap harinya. Hal tersebut tentu berguna untuk menjaga kesehatan serta kebersihan ayam tersebut.

Pakan Ayam

Pakan adalah aspek terpenting yang perlu dilihat dalam memelihara ayam. Jenis pakan yang diberikan sama seperti dalam pemberian pakan pada jenis ayam yang lain. Akan tetapi, untuk ayam kate porsinya lebih dikit mengingat badannya yang kecil. Ayam kate akan makan bila lapar, jadi Anda tidak perlu cemas kebanyakan memberi pakan pada ayam kate.

Pakan ayam kate bisa di berikan seperti bekatul, dedak, jagung, gabah, beras merah, beras biasa, dan juga kacang – kacangan. Namun untuk anakan ayam kate, kita dapat berikan voer campuran dengan berbagai irisan sayuran, seperti sawi, bayam dan jenis sayuran lainnya. pemberian menu tambahan untuk pakan anakan ayam kate dapat membantu pertumbuhan anak karena voer mengandung banyak protein yang tinggi.

Penting juga untuk pemilik ayam kate dalam memperhatikan tempat minum dan juga kebersihan air minum ayam kate, agar tidak terkontaminasi virus serta bakteri yang dapat menyerang ayam. Ayam kate sekali – kali harus di berikan buah – buahan seperti pepaya, pisang, dan jenis buah lainnya untuk membantu memberikan nutrisi yang diperlukan unggas tersebut.

Produktifitas Ayam

Untuk masalah produktifitasnya, ayam kate dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang signitifikan akibat meningkatnya peminat ayam hias satu ini. Pada dasarnya, telur ayam kate tidaklah di konsumsi oleh manusia, namun ada juga yang mengkonsumsi telurnya dikarenakan mempunyai cita rasa yang gurih dan mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan.

Perbedaan Ayam kate dan Ayam Serama

Tahukah anda bahwa terdapat berbagai jenis ayam yang sangat mirip dengan ayam kate. Ayam tersebut adalah ayam serama yang berasal dari malaysia. Berikut ini kami hadirkan kepada anda untuk perbedaan ayam kate dan ayam serama..

Berikut Ciri Dari Ayam Serama

-Bentuk tubuh lebih kecil, untuk ayam serama asli dewasa badannya cuma satu kepalan tangan orang dewasa.
-Kepala yang kecil dan hampir menyentuh ekor saat membusung.
-Warna umumnya ialah hitam atau merah.
-Dada membusung.
-Berat tubuh seputar 350gr – 500gr.
-Ciri serama yang berkualitas bagus ialah ekor yang cantik, berdada tegak kepak sayap lurus ke bawah tapi tidak menyentuh tanah.
-Kaki kecil, pendek, tetapi tidak cebol seperti ayam kate.
-Hewan peliharaan yang jinak, manja serta mengenal siapa pemiliknya.
-Memiliki tingkah khas yang menarik, seperti berjalan mundur kebelakang, energik serta lucu saat berjalan membusungkan dada.

Demikian juga artikel kami yang membahas tentang Mengenal Ayam Hias Kate Yang Mungil.. Terima kasih sudah membaca artikel kami, semoga membantu..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

12 Kekeliruan Dalam Merawat Ayam Aduan Yang Seringkali Terjadi

12 Kekeliruan Dalam Merawat Ayam Aduan Yang Seringkali Terjadi – Dalam merawat ayam …