Mengenal Lebih Dekat Ayam Birma
Home Artikel Mengenal Lebih Dekat Ayam Birma
Artikel - 4 hari ago

Mengenal Lebih Dekat Ayam Birma

Mengenal Lebih Dekat Ayam Birma – Ayam Birma yang berasal dari Myanmar ini sempat membuat para penggemar sabung ayam heboh. Dikatakan bahwa ayam birma mempunyai teknik bertarung yang sangat diluar nalar. Nah kesempatan untuk untuk mengenal lebih dekat dengan ayam jenis birma terdapat dalam artikel ini. Simaklah artikel kami, yang akan menjelaskan tentang ciri khusus ayam, keunggulan serta keunikan teknik yang terdapat di ayam tersebut. Berikut ulasannya!

Mengenal Lebih Dekat Ayam Birma

Myanmar merupakan asal dari ayam birma ini. Persis seperti di tanah air, di Myanmar banyak terdapat penggemar serta penghobi sabung ayam. Ayam unggul yang berasal dari negara tersebut, sudah banyak tersebar di berbagai negara dikawasan asia tenggara termasuk indonesia.

Ayam birma tersebut memiliki keunggulan bertarung yang sangat jarang dimiliki oleh ayam jenis petarung didunia ini. Ayam tersebut mempunyai pergerakan yang lincah, pukulan akurat mematikan, serta pola bertarung yang unik. Keunggulan yang membuat ayam birma ditawari hingga jutaan rupiah dalam sebuah kontes ayam disalah satu kota Burma atau Myanmar.

Ciri Khusus Ayam Birma

Bagi anda yang sebagai salah satu penggemar sabung ayam yang bisa dibilang sudah lama mempunyai hobi ayam aduan ini. Mimin yakin pastinya anda sudah pernah melihat bagaimana ciri khusus dan bentuk tubuh dari ayam ini, entah itu dari kandang milik teman satu hobi, ataupun dari arena perkontesan aduan ayam. Bila anda sebagai orang yang masih belum begitu mengenal ciri yang dimiliki ayam tersebut, maka anda bisa mengenali ciri khusus yang dimiliki ayam birma tersebut dibawah ini :

-Ayam birma asli mempunyai berat tidak lebih 2.5kg ( dewasa ).

-Tubuh yang tidak besar, lebih kecil dibanding ayam asli, namun lebih besar dari ayam Filipina.

-Paruh tajam garis lurus, mata terlihat melotot.

-Tulang terbilang berukuran kecil yang menjadi kelemahan dari ayam ini. bila ingin diadu pastikan umur ayam diatas 15 bulan sehingga tulang agak lebih keras.

-Jengger ada yang berbentuk bantam ular, cabe rawit atau tanduk ular.

-Sisik kaki ukuran kecil tapi penuh, ciri sisik menunjukan ayam mempunyai pukulan akurat.

-Pada bagian sayap terdapat bulu tebal serta panjang.

Pola Bertarung Ayam Birma

Meski mempunyai badan yang lebih kecil dari ayam, namun ayam birma ini diketahui mempunyai pola bertarung yang unik dengan istilah elit diplomatik. Yang dimaksud dengan elit diplomatik adalah gaya bertarung ayam yang tidak akan mau bertarung berhadap – hadapan bila tidak dalam keadaan terdesak. Ayam akan lebih memilih kecerdasan serta kecerdikannya yang diturunkan dari ayam birma untuk mengalahkan lawannya. Berikut ini adalah teknik bertarung yang dimiliki ayam birma ini.

•Ayam akan bergerak dengan lincah untuk mencari peluang memukul. Pergerakannya gesit seperti mengikuti irama tari yang dilakukan dengan tujuan mengindari serangan lawan dalam arena.

•Peluang memukul yang didapat akan dia pakai dengan sebaik-baiknya hingga pukulannya tepat tentang titik kelemahan di kepala lawan.

•Pukulannya yang tepat seringkali membuat lawan K.O. Jangan bingung bila lawan yang terlihat lebih besar dari ayam birma, bisa kejang – kejang dikarenakan terkena taji terkena bagian syaraf sensitif dari serangan ayam birma tersebut.

•Pukulan lebih mengarah ke telinga serta mata lawan, yang merupakan dua sisi peka yang begitu beresiko bila terserang.

•Untuk mendapatkan peluang memukul, ayam akan membuat lawan merasa capek serta meleng lewat cara memutar dengan gesit dan cepat.

Keunggulan Serta Keunikan Ayam Birma

Ayam birma sendiri memiliki keunggulan yang seperti pukulan tepat, teknik bertarung yang unik, penuh strategi dan gerakan yang gesit. Akan tetapi, dia mempunyai kekurangan seperti ukuran tulang yang kecil. Ukuran tulang seperti tersebut cukup membahayakan ayam tersebut bila dia memperoleh pukulan terlebih dulu dengan beruntun.

Kekurangan tersebut biasanya para botoh tua menutupi kelemahan tersebut dengan cara mengawinkan ayam birma asli dengan ayam-ayam yang lainnya yang mempunyai tulang besar seperti ayam, ayam pakhoy, ayam saigon dan lain sebagainya.

Nah itulah beberapa ulasan dari kami, semoga dapat memberikan anda wawasan tambahan dalam dunia sabung ayam. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Ciri-ciri Telur Ayam Bangkok Menurut Pengalaman Sendiri

Ciri-ciri Telur Ayam Bangkok Menurut Pengalaman Sendiri – Untuk seorang penggemar ma…