Sang Ayam Phoenix Yang Berasal Dari Jerman
Home Artikel Sang Ayam Phoenix Yang Berasal Dari Jerman
Artikel - 2 minggu ago

Sang Ayam Phoenix Yang Berasal Dari Jerman

Sang Ayam Phoenix Yang Berasal Dari Jerman – Ayam phoenix merupakan salah satu jenis ayam yang masih terbilang langka di Indonesia. Hal tersebut dikarenakan belum banyak orang yang berternak ayam hias jenis ini. ayam yang berasal dari jerman ini termasuk ayam yang produktif. Ekor Ayam hias jenis ini sangatlah mirip dengan ayam onagadori, namun milik ayam jenis phoenix ini lebih pendek dan lurus.

Ciri – Ciri Ayam Hias Phoenix

-Tampilan jengger yang berjenis tunggal serta gerigi 5 yang berwarna merah cerah
-Berat pejantan sekitaran 2.5kg dan betina sekitaran 1.8kg
-Kulit badan yang berwarna kuning
-Ekor yang panjang dan lurus ke bawah
-Mempunyai telinga berwarna putih
-Memiliki bulu dengan berbagai macam warna.

Ayam Phoenix Yang Berasal Dari Jerman

Sejarah Singkat Ayam phoenix

Menurut sumber terpercaya, ayam ini dikembangkan di negara Jerman. Ayam ini merupakan salah satu jenis ayam hasil kawin silang antara ayam onagadori dengan ayam jenis lainnya. Jadi secara tidak langsung, ayam jenis ini mempunyai garis keturunan dari ayam onagadori yang terkenal dengan ekor naganya.

Berawal dari sana, ayam jenis ini pun dibawa masuk ke benua amerika oleh salah satu penggemar ayam hias dan aduan pada tahun 1924. Pada tahun 1965 ayam jenis phoenix silver dibawa juga ke amerika dan untuk jenis gold phoenix masuk di tahun 1983.

Berbagai Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Merawat Ayam Phoenix

Unggas ini termasuk dalam unggas yang aktif bergerak, tentu dengan hal tersebut ayam akan membutuhkan asupan protein yang tinggi dalam menunjang aktifitasnya. Jenis pakan yang biasa diberikan memang hampir sama juga dengan jenis ayam yang lain. Pakan yang bisa diberikan sebaiknya mempunyai kandungan gizi yang cukup dan bagus untuk ayam.

Pola pemberian pakan kepada ayam tersebut harus dibedakan menurut usia ayam tersebut. berikut ini adalah pola pemberian pakan kepada ayam menurut umur ayam.

•Anakan ayam dari usia dari 2 minggu hingga 3 bulan, bisa kita berikan pakan katul atau jagung giling.

•Untuk ayam yang sudah berusia 3 bulan hingga 6 bulanan, kita bisa berikan pakan yang lebih berkualitas seperti beras merah, ulat hongkong, ataupun jangkrik.

•Pakan yang diberikan harus berlanjutan dan pemberiannya pun harus tepat waktu. Dikarenakan pemberian pakan yang terlambat tentu ayam akan mengalami stress, tidak memiliki nafsu makan. Tentu sebagai referensi, sebaiknya berikan pakan secara selingan agar ayam tidak merasa bosan dengan makanannya.

Bagaimana memberikan perawatan yang baik untuk ayam hias ini?

Dalam perawatan ayam hias ini, berbagai faktor perlu kita perhatikan, jika sebelumnya sudah kami ulas bagian makanannya, maka dibawah ini adalah beberapa ulasan yang perlu anda ketahui juga dalam merawat unggas hias satu ini.

-Minuman

Untuk keperluan minum pada unggas hias ini diberikan dengan terus menerus, minuman tersebut berbentuk air bersih terlebih dulu serta tiap-tiap pagi mesti telah ditukar, tidak hanya diberikan minum dengan teratur. Pemberian vitamin berbentuk vitamin C serta vitamin B kompleks berperan menjadi mengawasi menjaga kondisi tubuh ayam phoenix supaya masih sempurna. Pemberian vitamin itu bisa dicampurkan ke wadahnya.

-Ukuran Kandang Ayam Dan Designnya

Kandang adalah hal yang sangat terpenting buat semua hewan. Kandang dapat berperan untuk tempat berteduh, beristirahat dan membuat perlindungan dari musuh. Untuk ayam phoenix sebetulnya tidak ada ketidaksamaan yang banyak pada kandang ayam phoenix dengan kandang ayam hias lainnya.

Akan tetapi kelebihan dari ayam phoenix ini yang mempunyai ekor panjang membuat kita butuh mendesainkan kandang yang cukuplah tinggi di lengkapi dengan tangkringan tempat untuk ayam itu memajang ekornya. Selain itu ayam phoenix sebetulnya senang jika kandang dibuat seperti kandang umbaran, supaya bisa berjalan bebas. Sebab ayam phoenix termasuk juga ayam yang aktif serta gesit.

-Kebersihan Area Kandang Ayam

Untuk kebersihan ruang kandang adalah hal yang begitu penting sebab dari kebersihan berikut yang akan membuat ayam sehat. Kandang ayam yang bersih akan menjadikan ayam lebih aman dari berbagai penyakit. Dalam bersihkan kandang bisa dikerjakan dengan teratur baik pagi ataupun sore. Termasuk bersihkan tempat minum serta makannya juga.

Perkiraan Harga Ayam Phoenix Di Indonesia

Harga ayam usia 1-3 bulan berkisar antara 100.000 hingga 400.000 rupiah.
Harga ayam usia 3-5 bulan berkisar antara 400.000 hingga 700.000 rupiah.
Kemudian untuk harga ayam phoenix dewasa bisa mencapai kisaran harga di atas 1.200.000 rupiah.
Untuk ayam dewasa yang sudah pernah menjuarai berbagai kompetisi bulu cantik bisa puluhan juta.

Nah itulah berbagai hal tentang ayam phoenix yang berasal dari  Jerman ini. Terima kasih dan semoga dapat bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Cara Efisien Merawat Jalu Agar Cepat Panjang

Cara Efisien Merawat Jalu Agar Cepat Panjang – Jalu atau yang dimaksud dengan taji y…