Teknik Rahasia Agar Ayam Bangkok Bertelur Banyak
Home Artikel Teknik Rahasia Agar Ayam Bangkok Bertelur Banyak
Artikel - Juli 29, 2019

Teknik Rahasia Agar Ayam Bangkok Bertelur Banyak

Teknik Rahasia Agar Ayam Bangkok Bertelur Banyak – Setiap peternak tentu menginginkan ayam yang diternak bisa berkembang biak menjadi banyak dan sehat-sehat tentunya. Akan tetapi, tidak kebanyakan orang bisa meraihnya. Oleh karenanya, di artikel ini akan saya paparkan teknik rahasia agar induk ayam bangkok cepat bertelur yang banyak serta baik mutunya.

Memilih Indukan Ayam Yang Berkualitas

Pilih indukan ayam yang berkualitas, dapat didapati dari bentuk tubuhnya yang semakin besar serta beratnya lebih berat dari ayam lainnya seumurannya. Dari keadaan bulu-bulunya harus juga bagus, terlihat klimis atau mengkilap serta tidak rontok.

Nutrisi pakan harus juga dilihat, langkah memberikan pakan itu tidak bisa sembarangan atau bukan asal banyak. Tetapi kelezatan serta gizinya mesti seimbang. Contoh, pakan ayam pabrikan sekitar 100 gr dapat digabung dengan bekatul 200 gr. Kemudian ditambah nasi atau aking sekitar 100 gr lantas digabung serta diaduk rata sekalian diberi air dikit demi sedikit.

Induk ayam yang akan bertelur harus juga dikasaih minuman dari suplemen spesial. Harganya dipasaran cuma Rp 1.000 dapat dipakai sekitar 7 liter air untuk 1 sachetnya. Simpan dalam tempat yang seringkali dilewati indukan ayam.

Teknik Rahasia Agar Ayam Bangkok Bertelur Banyak

Teknik Rahasia Agar Ayam Bangkok Bertelur Banyak

Tempat untuk bertelur harus diatur demikian rupa untuk memberikan kenyamanan dan keamanan yang pas, agar ayam tidak terganggu oleh ayam-ayam yang lain.

Nah, ini adalah teknik rahasia yang seringkali sukses diatasi oleh beberapa peternak yakni merekayasa siklus bertelur dari ayam itu. Itu, Anda memiliki 3 indukan ayam betina yang telah masak atau siap kawin. Kawinkan ketiganya dengan bertepatan dengan satu ayam jantan. Biarlah bertelur dengan alamiah sampai menetas, bila semasing telah menetas, tetapkan salah satunya induk untuk diambil anaknya untuk dikandangkan. Misalnya anda miliki ayam A, ayam B, ayam C. Ke-3 ayam anda bertelur semua, menetasnya kebetulan bareng. Kemudian dari ke-3 induk itu ambil anaknya dari satu induk dahulu, contoh ayam A, anaknya kandangkan, tetapi untuk induk yang lainnya biarlah dengan anaknya dahulu. Baru sesudah cukup besar anak ayam dari induk A, gantian anak ayam dari induk B serta C untuk dikandangi, demikianlah siklusnya.

Lalu, apa manfaat dari penerapan siklus seperti itu? Salah satunya adalah untuk menghindarkan kelahiran yang tidak normal pada masing-masing induk. Kemudian, cara itu bisa menghindarkan anak ayam dari serangan penyakit yang sebarannya sangat cepat dan menular. Jika hal di atas sudah diterapkan, maka hasil secara kuantitas dan kualitas anak ayam yang diternak akan menjadi lebih baik dari indukan yang tidak diperlakukan seperti di atas.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

12 Kekeliruan Dalam Merawat Ayam Aduan Yang Seringkali Terjadi

12 Kekeliruan Dalam Merawat Ayam Aduan Yang Seringkali Terjadi – Dalam merawat ayam …