Tips Merawat Ayam Aduan Bangkok Mabung Atau Ngurak
Home Artikel Tips Merawat Ayam Aduan Bangkok Mabung Atau Ngurak
Artikel - April 28, 2019

Tips Merawat Ayam Aduan Bangkok Mabung Atau Ngurak

Yang dimaksud dari penyakit mabung ( ngurak ) pada ayam aduan Bangkok adalah masa dimana ayam berganti bulu. Biasanya bulu ayam akan rontok dengan sendirinya atau secara alami, hal ini mungkin bisa terjadi dikarenakan usia bulu yang sudah lama. Sehingga akar bulu tidak lagi merekat dengan sempurna, sehingga menimbulkan kerontokan pada bulu ayam aduan.

Ayam aduan Bangkok mabung memang merupakan hal yang tidak bisa kita cegah. Memang sudah menjadi hal yang terjadi pada ayam setiap tahunnya. Ayam aduan yang sedang mengalami mabung atau ngurak bisa terjadi selama 3 hingga 6 bulan tergantung dari perawatan sipemilik ayam aduan tersebut.

Pastinya untuk para senior botoh ayam sudah mengetahui akan hal tersebut. Dan pastinya sudah mempunyai cara tersendiri untuk merawat ayam yang sedang mabung tersebut. Namun untuk para penggemar sabung ayam newbie ataupun baru dalam dunia perawatan sabung ayam pastinya belum mengetahui akan hal ini. Maka dari itu, admin akan memberikan sebuah tips yang mungkin berguna untuk anda para penggemar sabung ayam yang masihlah baru dalam dunia perawatan sabung ayam. Berikut ini adalah ulasannya.

Tips Merawat Ayam Aduan Bangkok Mabung Atau Ngurak

Tips Merawat Ayam Aduan Yang Sedang Mabung

• Mandikan ayam dipagi hari setiap harinya dengan menggunakan air beras yang dicampur bawang merah 1 biji atau 2 biji.  Tujuannya untuk memperkuat bulu ayam yang baru tumbuh.

• Saat ayam aduan mengalami mubang ( ngurak ) ayam aduan hanya memerlukan minyak ikan yang secukupnya saja. Dikarenakan dalam sehelai bulu ayam aduan terdapat kandungan protein sebanyak 85%, serat kasar 1,5%, lemak 2,5%, kalsium 0,2% dan juga phosphorus 0,75%. Jadi dengan dilihat komposisi yang terkandung dalam sehelai bulu ayam, maka ayam tidak memerlukan terlalu banyak asupan minyak ikan. Justru ayam akan lebih membutuhkan vitamin, protein dan juga mineral yang cukup.

• Dalam masa ngurak, ayam sebaiknya mendapatkan pakan yang berprotein cukup, jadi anda bisa memberikan ayam dengan pakan ayam petelur. Jangan memberikan ayam dengan pakan yang biasanya dikarenakan kandungan kalori serta protein yang berlebihan. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari terjadinya kegemukan pada ayam, yang akan berakibatkan penumpukan lemak pada tulang dada dan akan menggangu stamina pada ayam aduan Bangkok.

• Janganlah mengumbar ayam secara rutin. Ayam cukup diumbar 3 hari sekali saja untuk mengepakkan sayap dan melemaskan otot – otot yang kaku. Pemegangan ayam juga harus berhati–hati, hal ini akan terasa menyakitkan untuk tubuh ayam dikarenakan bulu yang baru tumbuh atau masih muda. Serta pisahkanlah ayam aduan dari kandang yang berbeda dari ayam betina dikarenakan bulu ayam aduan mabung mengandung phosphorus yang sangat tinggi, yang merupakan makanan yang paling diminati serta menjadi santapan yang lezat untuk ayam betina.

• Selama periode pergantian bulu pada ayam aduan biasanya akan memakan waktu beberapa bulan. Jangan lupa untuk memperhatikan kandang ayam. Janganlah menempatkan ayam pada kandang yang mempunyai sudut yang cukup tajam, dikarenakan dapat menggangu pertumbuhan bulu serta dapat merusak bulu muda yang baru saja bertumbuh.  Perhatikan kebersihan pada kandang ayam serta biarkan kandang ayam tetap lembab serta hindari dari sinar matahari secara langsung. Hal ini dilakukan untuk mempercepat proses penumbuhan bulu pada ayam aduan.

Demikian juga artikel kami, semoga dapat memberikan anda sebuah informasi yang berguna untuk perawatan ayam yang sedang mengalami mabung ( ngurak ). Terima kasih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Cara Efisien Merawat Jalu Agar Cepat Panjang

Cara Efisien Merawat Jalu Agar Cepat Panjang – Jalu atau yang dimaksud dengan taji y…